Tips Jerawat atau Acne II

 

Tips Jerawat atau Acne II

Berhubung banyaknya minat pengunjung mengenai masalah jerawat, maka kami coba memberi tips lanjut mengenai jerawat. Selamat membaca Infokulit mania…

Bagaimana terjadinya Jerawat ?

 Kelenjar minyak pada kulit terutama terdapat dimuka, sedikit di leher, dada atas dan punggung. Jerawat terjadi akibat penyumbatan dimuara kelenjar minyak kulit. Proses terjadinya sebagai berikut :

a. Saat pubertas, tubuh mengalami perubahan hormonal disertai peningkatan jumlah kelenjar minyak. Peningkatan produksi minyak mengakibatkan muara kelenjar tersumbat dan timbul bintil-bintil kasar pada kulit (=komedo). Penyumbatan dapat pula akibat sisa kulit mati, sisa kosmetik atau kotoran pada kulit
b. Bila penderita menggaruk atau mengeluarkan jerawat dengan jari, jerawat terinfeksi menjadi benjolan merah yang agak sakit bila ditekan (=papul atau nodul) dan bernanah (=pustul)

Mengapa jerawat perlu diobati?

a. Untuk mencegah gangguan psikologi. Adanya jerawat mengakibatkan rendah diri, malu, mudah tersinggung, dsb, dan dapat mempengaruhi perkembangan kepribadian.
b. Untuk mencegah terjadinya jaringan parut. Jaringan parut mengakibatkan kulit tidak rata dan berlubang yang bersifat menetap, sehingga merusak wajah menjadi cacat selamanya

Bagaimana cara kerja obat jerawat ?

 Obat akan melepaskan sumbatan jerawat di dalam kulit dan mendorong jerawat dari dalam ke atas permukaan kulit

Berapa lama pengobatan jerawat ?

 Umumnya pada 1-3 minggu pertama pengobatan, belum dirasakan adanya perbaikan. Kemajuan pengobatan akan terlihat minimal setelah 1 bulan, karena proses pendorongan sumbatan jerawat dari dalam kulit ke permukaan kulit membutuhkan waktu sekitar 28 hari. Untuk kasus tertentu dibutuhkan pengobatan 3-4 bulan.

 Untuk menghilangkan noda atau flek bekas jerawat dibutuhkan waktu 2-3 bulan pengobatan kemudian.

Mengapa pengobatan jerawat sering gagal ?

 Biasanya akibat pasien sering tidak sabar dan terlalu cepat berhenti berobat. Oleh karena itu pasien harus tetap berobat walaupun mula-mula kelihatannya tidak memberikan hasil. Sebaiknya bila ada kemajuan besar, jangan menghentikan pengobatan sebelum dokter mengutarakan boleh dihentikan.

Bagaimana cara untuk mempercepat penyembuhan jerawat ?

 Melakukan tindakan chemical-peeling secara medis oleh dokter setiap 2-3 minggu, 2-4X, dilanjutkan pengolesan krim pagi dan malam dari dokter setiap hari.

Apakah diperbolehkan facial di salon ?

 Facial merupakan tindakan perawatan kulit dengan cara pembersihan atau cleansing secara maksimal dan masase kulit. Facial di salon dapat dilakukan setiap 2 minggu dengan syarat beautician / petugas salon :

a. Tidak melakukan “peeling cara salon”, yaitu dengan alat atau krim scrub
b. Tidak menggunakan krim masase atau masker yang dapat mengakibatkan jerawat
c. Diperbolehkan mengeluarkan jerawat asalkan ia mengetahui benar :
1. Jenis jerawat apa ( komedo, papul, pustul atau kista ) yang boleh dikeluarkan
2. Kapan boleh dikeluarkan
3. Cara pengeluaran harus benar dan steril

Semua hal di atas untuk menghindari terjadinyabekas atau noda jerawat yang bersifat menetap karena tidak dapat dihilangkan atau diobati kembali.
Bagaimana jadwal peeling dan facial untuk jerawat ?

a. Peeling dilakukan setiap 2-3 minggu minimal 2 X sampai sembuh
b. Facial dilakukan setiap 2-3 minggu, diantara waktu peeling
c. Setelah jerawat sembuh, peeling dihentikan namun facial tetap dilanjutkan setiap 2-3 minggu disertai pemakaian krim setiap hari

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: